Sabtu, 09 April 2011

Teori Musik Grade 1


  1. Harga Not: Crotchet, Minim, dan Semibreve
  2. Kita biasanya mengetukkan kaki dalam suatu tempo ketika mendengarkan musik, terutama teman-teman drumband seperti kami. Yang kita ketuk sebenarnya adalah ketukan/beat yang ada dalam musik. Dalam grade 1, kita akan mengenal 3 jenis ketukan/beat, yaitu:
    Semibreve adalah not 1 atau penuh yang harganya adalah 4 ketuk. Minim adalah not 1/2 harganya 2 ketuk. Sedangkan crotchet adalah not 1/4 yang harganya 1 ketuk. Melihat bagan tersebut kita bisa samadengankan satu semibreve = 2 minim = 4 crotchet.
  3. Bar dan Tanda Waktu
  4. Kumpulan ketukan kita sebut dengan bar. Untuk membuatnya lebih teratur kita memerlukan time signature atau penanda waktu. Perhatikan gambar di bawah ini.
    Sebelum membahas pananda waktu, garis vertikal antara not di gambar tersebut adalah bar line atau garis bar. Satu bar dapat dinyatakan dalam garis bar satu ke lainya. Dari gambar di atas kita bisa melihat perbedaan antar bar. Ada yang 1 bar berisi 2 crotchet, ada yang 3 dan 4. Itulah fungsi tanda waktu. Tanda waktu dinyatakan dalam "seperti" bilangan pecahan, misal 2/4, 3/4, atau 4/4. Saya katakan seperti karena memang tidak bisa disederhanakan. misal 2/4 dijadikan 1/2 atau 4/4 jadi 2/2, maka bedalah pembacaannya.
    Bilangan yang di atas(pembilang) menentukan jumlah ketukan dalam bar. Sedangkan bilangan yang di bawah(penyebut) menentukan jenis not yang digunakan. Misal 2/4 jadi ada 2 buah not 1/4(crotchet) dalam satu bar. Kalau 4/4 maka ada 4 buah not 1/4 dalam satu bar. Kalau 3/4??
  5. Quaver dan Semiquaver
  6. Sekarang kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai jenis not berdasarkan harganya. Yaitu quaver atau not 1/8 dan semiquaver atau not 1/16

1 komentar: